Kembalinya Politik: Pemikiran Politik Kontemporer dari (A)rendt sampai (Ž)ižek

ImagePolitik atau setidaknya kesadaran akan yang-politik tidak serta merta bisa muncul dan teraktualisasi dalam masyarakat sekalipun masyarakat itu telah memiliki format, struktur, maupun nilai demokrasi. Demokrasi yang berkembang di Indonesia baru tumbuh sebatas instalasi fungsional bagi kontestasi kepentingan. Akibatnya, belum sempat subyek politik dan republik muncul, kapitalisme, kekayaan pribadi, dan agama telah bergerak mendahului yang-politik dan menggerus masuk ke ranah publik.

Buku ini berkeyakinan bahwa kedangkalan yang terjadi dalam dunia politik kita ini sebagian disebabkan oleh minimnya perangkat teoretis yang kita miliki pasca kejatuhan rezim otoriter. Buku ini berusaha memperkaya perangkat tersebut lewat pembahasan mengenai teori-teori politik kontemporer yang peka akan centang perenang situasi-situasi sosial politik zaman sekarang yang tidak bisa lagi dijawab lewat teori-teori klasik. Pembahasan mencakup pemikiran politik Hannah Arendt, Claude Lefort, Ernesto Laclau, Alain Badiou, Slavoj Žižek, dan Alenka Zupančič.

Buku ini adalah persembahan kepada A. Rahman Tolleng, sebagai ucapan terima kasih atas provokasi “politico-intellectual“-nya selama ini.

(Oleh: Ronny Agustinus)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s